Berbagai Macam Kacamata dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Wednesday, November 15th 2017.

Berbagai Macam Kacamata dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Kacamata merupakan aksesoris yang kini banyak diminati. Tak hanya bertujuan untuk membantu penglihatan saja, kacamata ini juga difungsikan untuk menunjang penampilan. Maka tak heran jika saat ini kacamata tersedia dalam beragam jenis. Tiap jenis kacamata tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda. Berbagai macam kacamata dan fungsinya perlu untuk anda ketahui supaya anda lebih mudah memilih kacamata yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Berbagai macam kacamata dan fungsinya seringkali dikelompokkan dalam satu tipe. Dengan menggunakan kacamata yang tepat, maka penampilan anda akan terlihat lebih menarik. Apalagi jika anda bisa menyesuaikan kacamata yang anda pilih dengan bentuk wajah anda. Selain itu, ada baiknya anda juga menyesuaikan warna kacamata yang anda gunakan dengan warna pakaian, rambut, dan rona kulit anda. Dengan begitu, anda akan terlihat serasi dan keren.

Macam Kacamata dan Fungsinya

Berikut adalah berbagai macam kacamata dan fungsinya yang perlu untuk anda ketahui.

Kacamata Hitam (Sun Glasses)

Jenis kacamata yang satu ini menggunakan lensa hitam yang berfungsi untuk melindungi mata dari sinar UV. Pada umumnya, kacamata ini berperan untuk bergaya saja, dan bukan untuk membantu masalah mata plus atau minus. Meski begitu, dalam perkembanganya jenis kacamata hitam saat ini sudah ada yang didesain dengan lensa khusus mata minus. Selain itu, jenis kacamata hitam ini sering digunakan oleh orang tunanetra dengan alasan estetika supaya orang lain tidak melihat mata mereka.

Kacamata Baca

Tipe kacamata ini termasuk kacamata yang paling umum digunakan kebanyakan orang. Biasanya jenis kacamata ini mempunyai lensa minus untuk penderita rabun jauh, serta lensa plus untuk penderita rabun dekat. Dalam perkembanganya, kini lensa kacamata baca ada yang berperan untuk mata silinder. Selain itu, kacamata baca ini juga bisa digunakan untuk mata tua. Presbiopi (mata tua) ini seringkali dialami oleh orang yang berumur sekitar 40 tahun keatas. Penderita ini tidak bisa melihat benda yang jaraknya jauh maupun dekat.

Kacamata 3D

Kacamata 3D memiliki lensa yang berwarna merah pada satu sisi serta warna biru pada sisi lainnya. Meski begitu, kacamata 3D ini juga dihadirkan dengan berbagai macam varian warna lainnya. Tipe kacamata 3D tersebut bisa digunakan untuk menonton film bioskop maupun film 3 dimensi. Hal ini dikarenakan kacamata 3D ini adalah alat bantu vital untuk bisa mendapatkan sensasi 3D. Dengan menggunakan kacamata ini, maka kegiatan anda dalam menonton film 3 dimensi akan lebih mengasyikkan.

Kacamata Olahraga

Jenis kacamata olahraga ini memiliki fungsi untuk melindungi mata ketika sedang melakukan aktivitas olahraga seperti halnya ski, hoki, terjun payung, motor cross, dan banyak lagi lainnya. Dengan begitu, mata akan terlindungi dari resiko cidera.