Bisakah Membersihkan Debu Di Lensa Dengan Air Sabun?

Monday, September 4th 2017.

 

Membersihkan lensa dengan air sabun – Lensa menjadi salah satu perlengkapan fashion yang banyak sekali dipakai oleh para wanita. Selain itu softlens juga digunakan untuk kebutuhan kesehatan, sebagai pengganti kacamata. Banyak yang mengatakan, bahwa lensa cukup berbahaya digunakan, terutama jika jenis lensa yang dipakai tidak memenuhi standar dokter dan tidak dengan perawatan yang benar.

Salah satu perawatan lensa yang harus diperhatikan adalah mengenai cara mencucinya. Tidak semua orang tahu mengenai cara terbaik untuk mencuci lensa, entah dari prosesnya hingga bahan yang digunakan untuk proses pencucian. Ada beberapa orang yang mencuci lensa menggunakan sabun ada juga yang hanya menggunakan cairan softlens. Yang menjadi pertanyaan di sini, biasakan membersihkan lensa dengan air sabun? Apakah aman atau justru berbahaya.

Terlepas dari pembahasan membersihkan lensa dengan air sabun, anda harus tahu, bahwa kebersihan lensa menjadi hal yang sangat penting. Lensa menjadi benda asing yang harus masuk ke dalam mata anda yang tentunya sangat sensitif terhadap bakteri. Jika anda tidak rajin membersihkannya, tentu kesehatan mata anda akan terancam.

Banyak orang mengalami iritasi hebat dengan mata mereka setelah menggunakan lensa kontak. Bahkan resiko terberat dari kesalahan tersebut bisa mengancam mata menjadi buta. Bukankah ini sangat merugikan? Anda bisa menggunakan lensa namun harus menjamin kebersihannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan terkait cara tepat membersihkan lensa.

  1. Pastikan tangan dalam keadaan bersih

Sebelum mulai mencuci lensa coba bersihkan tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptic. Ini untuk menghindari lensa anda dari bakteri yang menempel di tangan.

  1. Gunakan cairan khusus lensa

Cairan lensa sudah dibuat khusus untuk mensterilkan lensa, jadi aman digunakan. Beda halnya jika menggunakan cairan dari sabun. Masing-masing jenis sabun memiliki kandungan tersendiri dengan tujuan penggunaan yang berbeda. Sehingga ketika membersihkan lensa dengan air sabun bisa beresiko terhadap kerusakan struktur lensa.

  1. Lakukan pembersihan perlahan

Letakkan lensa di telapak tangan, siram dengan cairan khusus lensa sambil di gosok menggunakan ujung jari. Dalam hal ini pastikan anda tidak memiliki kuku panjang karena ketika menekan secara tidak sengaja bisa merusak lensa. Setelah itu anda bisa memasukkan kembali lensa pada tempatnya. Ingat, bahwa membersihkan lensa ini harus dilakukan setiap kali lensa selesai digunakan dan sebelum anda kembali menyimpannya ditempat lensa.

 

Dari penjelasan singkat di atas bisa disimpulkan, bahwa membersihkan lensa dengan air sabun memang tidak begitu efektif dan lebih baik dihindari, kecuali jika anda bisa memilih jenis sabun yang tepat. Sabun tersebut harus bebas dari zat-zat tertentu yang dapat mempengaruhi kualitas lensa. Untuk lebih terjamin keamanannya ada baiknya gunakan cairan khusus lensa. Anda bisa mendapatkan cairan tersebut di optik dengan harga yang terjangkau mulai dari puluhan hingga ratusan ribu.